Penyebab dan Tips Gambar CCTV Tidak Muncul di Monitor

Penyebab dan Tips Gambar CCTV Tidak Muncul di Monitor
Penyebab dan Tips Gambar CCTV Tidak Muncul di Monitor

Gambar CCTV Tidak Muncul di Monitor 

Gambar CCTV Tidak Muncul di Monitor – Ada kalanya memang mungkin gambar yang dihasilkan kamera CCTV tidak muncul di layar monitor. Tapi tidak usah bingung, berikut ini adalah 5 penyebab yang sering terjadi.

Penyebab & Tips Gambar CCTV Tidak Muncul di Monitor

  1. Kamera CCTV bisa saja dalam keadaan mati ataupun rusak

Apabila kamera CCTVnya tidak menyala, maka dengan otomatis gambar yang dihasilkan dari DVR ke monitorpun tidak akan muncul.

Tips: Coba periksa kameranya. Mungkin kamera tersebut dalam keadaan mati atau bahkan bisa saja rusak. Jika memang rusak maka perlu diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Jika masih ada garansi coba untuk di klaim ke tempat distributor CCTV atau tempat Kamu membeli kamera CCTV nya.

  1. Adaptor kamera CCTV

Sumber listrik dari kamera CCTV yaitu adaptor atau yang sering kita tau itu power supply. Jika adaptornya mati maka dengan otomatis kamera CCTVpun tidak bisa bekerja dengan baik.

Tips: Cek kondisi adaptornya, apakah dalam keadaan menyala atau mati. Jika diperlukan bisa dicek dengan alat avometer. Apabila adaptornya sudah tidak berfungsi lagi maka Kamu harus menggatinya dengan yang baru.

  1. Kabel CCTV Terputus

Kalau keseluruhan yang tadi dibahas diatas itu normal, bisa jadi kemungkinannya dari kabel yang terputus. Penyebabnya bisa dari gigitan tikus, faktor dari kabel tersebut atau bisa yang lainnya.

Tips: Jika kabel kurang berkualitas, maka ganti dengan yang lebih bagus, kalau kemungkinan karena gigitan tikus maka bisa sambungkan saja kabel yang terputusnya.

Baca juga : Jangan Salah Pilih Kabel CCTV

  1. Port Connector Rusak

Jika ada adaptor, kabel, kamera CCTV dan DVR tidak bermasalah tapi masih saja video tidak muncul di monitor maka langsung bisa dilakukan pengecekan terhadap Port Connector yang ada pada DVR.

Tips: Cara mengeceknya bisa dengan cara memindahkan ke port lain yang masih berfungsi.

  1. DVR Rusak

DVR ini merupakan bagian utama dari pemasangan CCTV. Jika tidak berfungsi maka sistem yang lainpun tidak bisa berjalan dengan baik.

Tips: Jika memang DVRnya mati maka bisa diperbaiki di tempat service atau bisa ganti denganyang baru. Jika masih ada garansi coba untuk di klaim ke tempat distributor atau tempat Kamu membeli DVRnya. Dan patikan perawatan DVR ini dilakukan secara rutin.

Baca juga : DVR CCTV – Pengertian Dan Jenisnya

Itu dia 5 penyebab dan tips yang bisa Kamu lakukan jika terjadi masalah gambar tidak muncul di monitor. Semoga bermanfaat

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*