Beginilah Cara Mengamankan Sistem Informasi Perusahaan Anda

Beginilah Cara Mengamankan Sistem Informasi Perusahaan Anda
Beginilah Cara Mengamankan Sistem Informasi Perusahaan Anda

Mengamankan Sistem Informasi Perusahaan

Seperti layaknya sebuah rumah, sebuah perusahaan juga pasti mempunyai rahasia yang harus dijaga keamanannya. Lalu siapa yang menjaganya? Tentu saja yang pasti penghuni perusahaan tersebut, baik itu dari karyawannya ataupun atasannya. Mungkin Kamu pernah memilirkan apa yang menjadi prioritas dan kenapa harus menjaga kerahasiaan mengenai perusahaan? Pasti Kamu sudah mengetahui bahwa sebuah perusahaan pasti mempunyai  berbagai macam info mengenai neraca keuangan, surat penting, system, saham, modal yang dipergunakan, bunga, hutang dan sebagainya.

Coba deh bayangkan jika informasi tersebut bocor kepada pihak lain dan apa yang nanti akan terjadi? Kita ibaratkan ketika ada seseorang sedang curhat kepada Kamu dan kemudia Kamu dengan sangat mudah menceritakan kembali kepada orang lain. Hari berikutnya maka seluruh orang sudah tau mengenai rahasia tersebut. Tentunya hal ini sangat merugikan untuk orang yang mempunyai rahasia itu. Rasa tidak aman dan sedih pasti dirasakan. Nah hal yang sama juga bisa berlaku untuk perusahaan.

Apabila Kamu ada pada pihak yang membocorkan info maupun yang mengetahui sendiri, maka kerugian akan terjadi pada perusahaan. Mungkin saja pihak lain menggunakan kesempatan ini untuk sebuah penyerangan untuk membuat perusahaan Kamu bangkrut. Dengan menjaga informasi dan kerahasiaan perusahaan , bisa membuat secara tidak langsung membuat perusahaan menjadi lebih aman dari sebuah tindakan pencurian. Hal ini harus diterapkan dalam setiap hal, baik itu karyawannya maupun teknologinya.

Ada 3 cara yang bisa digunakan untuk mengamankan identitas/informasi rahasia perusahaan.

Apakah itu? Mari Kita simak bersama:

  1. Mengamankan Jaringan

Semakin canggihnya teknology tahun ini, maka cyber crimepun akan semakin tinggi. Mereka pasti akan mengikuti perkembangan teknologi untuk memperoleh keuntungan instan dengan menjual dengan menjual informasi perusahaan kepada pihak lain yang mempunyai niat tidak baik kepada perusahaan Kamu. Oleh karena itu sangat diperlukan penjagaan yang ekstra ketat dari bagian pihak jaringan teknologi.  Jika perusahaan kamu menggunakan jaringan nirkabel maka harus dipastikan mempunyai teknisi yang mampu mengamankannya. Apalagi jika hacker berpengalaman tentunya bisa memperoleh berbagai akses menuju sebuah jaringan dalam waktu cepat. Jika hacker semakin canggih, maka data perusahaan bisa langsung terbuka tanpa Kamu sadari. Tolong pastikan perusahaan selalu mengunci router dan juga mengenkripsi seluruh informasi. Berikan password dalam seluruh jaringan data komputer. Dengan menyembunyikan data-data ini maka setidaknya Kamu sudah mencegah terjadinya kejahatan.

Baca juga:

Pentingnya Security Sistem
  1. Memperhatikan Phishing

Phishing adalah salah satu teknik sebuah pencurian yang paing umum. Dengan cara ini akan memungkinkan untu para hacker mengakses data dan informasi sebuah perusahaan dengan berpura-pura kalau mereka yaitu situs website yang Kamu percaya.  Dengan mengklik salah satu situs scam atau palsu maka bisa membuat mereka mempunyai akses menuju data pribadi perusahaan dan tentunya ini sangat merugikan perusahaan. Mungkin bisa tanpa Kamu sadari bahwa situs palsu itu sudah mengakses data sebanyak mungkin karena berpesan sebagai situs Kamu. Untuk mencegah terjadinya hal seperti itu, maka Kamu harus memberitau karyawan untuk tetap berhati-hati pada situs yang meminta informasi tersebut meskipun agen yang telah dipersya. Dan pastikan membuat karyawan selalu wapada selama mengakses jaringan internet.

  1. Backup data

Pastikan sesering mungkin membackup data perusahaan. Anbil contoh jika ada pemadaman listrik yang mendadak ataupun koneksi internet terputus sering membuat tugas ataupun data informasi hilang. Meskipun komputer adalah teknologi yang canggih,    tapi hal seperti ini sering sekali terjadi oleh karena itu harus sering membackup data secara berkala. Lebih baik Kamu memiliki salinan didalam hardisk seingga jika hal buruk terjadi, maka cukup memindahkannya ke komputer baru.

Karena itu neraca, modal, bunga pinjaman atau masalah keuangan dalam sebuah perusahaan harus dijaga untuk mencegah adanya bahaya yang bisa mengancam keselamatan perusahaan.

Professtama menyediakan software yang bisa membantu Kamu mempermudah menyimpan data-data perusahaan. Kunjungi website Kami www.professtama.com

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*