Melihat Cara Kerja dari Thermal Scanner, Teknologi Pendeteksi Corona

Sejumlah bandara di dunia, termasuk di Indonesia memasang kamera thermal scanner di bandara untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID-19. 

Thermal Scanner kamera di bandara berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang. Apabila ada seseorang yang demam, maka akan diketahui oleh petugas bandara dan langsung segera diperiksa.

Sebagaimana dikutip dari laman Achieve Integrated Health, Thermal Scanner bisa mendeteksi suhu panas suatu benda yang memancar dengan sendirinya.

Baca juga : Thermal Scanner System, Pendeteksi Suhu Tubuh Terjangkit Virus Corona

Perangkat tersebut juga mampu merekam suhu berbagai obyek yang melintas di depan perangkat.

Perangkat ini dapat merekam suhu dengan warna-warna yang berbeda yang bisa dijadikan sebagai indikator. Suhu dingin diberi warna biru, ungu, ataupun warna hijau. Sedangkan suhu yang lebih hangat dapat diberi warna merah, oranye dan  kuning.

Thermal Scanner juga dilengkapi dengan perangkat pengukur kecil yang menangkap radiasi infra merah yang disebut mikrobolometer.

Mikrobolometer ini merekam suhu dan kemudian menetapkan piksel ke warna yang sesuai dengan keadaan orang tersebut.

Untuk cara kerja Thermal Scanner adalah mendeteksi suhu dengan mengenali dan menangkap berbagai tingkat cahaya inframerah. Cahaya ini tidak bias terlihat oleh mata telanjang, tetapi dapat dirasakan sebagai panas jika intensitasnya cukup tinggi.

Semakin panas suatu objek, maka semakin banyak pula radiasi inframerah yang dihasilkan. Melalui mikrobolometer itu radiasi infra red tersebut divisualkan menjadi gambar yang kemudian dapat kita lihat dengan mata telanjang lewat sebuah monitor.

WHO juga sudah menyatakan virus corona sebagai pandemi global. Artinya, virus ini telah menyebar ke hampir seluruh dunia. Kebutuhan thermal camera sebagai alat ukur suhu tubuh pun semakin meningkat.

Baca juga : WHO Tidak Menyarankan Semprot Disinfektan ke Tubuh Manusia

Kini thermal scanner system marak dibicarakan dan dipasang setelah mewabahnya virus corona dari Wuhan China yang muncul semakin bertambah korban di Indonesia. Protech Thermal dari Jisung Protech memiliki body temperature thermal sanner yang tepat dipasang untuk kasus seperti ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur kamera thermal yang sesuai dengan kebutuhan deteksi dini Covid-19, serta berbagai produk Jisung Protech, hubungi layanan pelanggan Professtama via telepon 021 564 1142 dan email info@professtama.com.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*