Cara Kerja Thermal Scanner untuk Memindai Suhu Tubuh Saat Corona

Saat ini, banyak sekali tempat umum yang membutuhkan thermal scanner untuk melengkapi keamanan masyarakat. Contohnya bandara, mall, hotel,pabrik, dan perkantoran yang sebagian besar sudah memasang thermal scanner untuk mendeteksi suhu.

Dilansir dari laman How to Geek, alat thermal scanner bisa mendeteksi panas suatu benda yang memancar dengan sendirinya. Thermal scanner juga mampu merekam suhu berbagai objek.

Thermal scanner dapat merekam suhu dengan warna-warna yang berbeda. Artinya dengan perbedaan warna tersebut, alat dapat mengetahui perbedaan panas yang terpancar dari objek dengan lingkungan sekitarnya.

Keterangan suhu dingin diberi warna biru, ungu, atau hijau. Sedangkan suhu yang lebih hangat dapat diberi warna merah, oranye, atau kuning.

Bagaimana Cara Kerja Thermal Scanner?

Cara kerja dari thermal scanner mendeteksi suhu dengan mengenali dan menangkap berbagai tingkat cahaya inframerah. Cahaya ini tidak terlihat oleh mata telanjang, tetapi bisa dirasakan sebagai panas jika intensitasnya cukup tinggi.

Semua benda memancarkan semacam radiasi infra merah, dan itu adalah salah satu cara perpindahan panas. Ketika seseorang memegang tangan di atas bara panas, bara tersebut memancarkan satu ton radiasi infra merah, dan panasnya dipindahkan ke tangan tersebut.

Baca juga : Thermal Scanner System, Pendeteksi Suhu Tubuh Terjangkit Virus Corona

Selain itu, hanya sekitar setengah energi matahari yang dilepaskan sebagai cahaya tampak sisanya adalah campuran ultravoilet dan cahaya inframerah.

Semakin panas suatu objek, semakin banyak radiasi infra merah yang dihasilkannya. Kamera Thermal scanner bisa melihat radiasi, setelah itu mengubahnya menjadi gambar yang kemudian dapat dilihat dengan mata. Seperti halnya kamera penglihatan malam dapat menangkap cahaya inframerah yang tak terlihat dan mengubahnya menjadi gambar yang dapat dilihat mata.

Dalam alat thermal scanner, ada perangkat pengukur kecil yang menangkap radiasi infra merah yang disebut dengan mikrobolometer dan setiap pikselnya memiliki satu. Dari sanalah mikrobolometer merekam suhu dan kemudian menetapkan piksel tersebut ke warna yang sesuai.

Alat Pengukur Suhu Dual Vision Body Temperature D20 dari Protech Thermal membantu anda dalam mengukur energi panas dan menghasilkan gambar dari semua radiasi inframerah yang diterima dari suatu objek. Radiasi infra merah merupakan fungsi dari suhu permukaan objek dan ini memungkinkan kamera untuk menghitung dan menampilkan suhu.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*