3 Kabel CCTV dan Masing-masing Penjelasannya

Berikut adalah panduan mengenai kabel cctv yg umum dipergunakan. Yuk simak bersama.
Kabel CCTV ada beberapa macam. Kabel cctv 3 jalur, Kabel Coaxial dan Kabel Coaxial plus power cable. Mari Kita bahas satu persatu.

  1. Kabel CCTV 3 Jalur

Kabel ini sangat praktis karena terdiri dari jalur VIDEO, AUDIO serta ADAPTOR/POWER. Terlebih ada konektor yang sudah terpasang langsung. Kabel video sudah berkonektor RCA. Jika kamera maupun perlengkapan menggunakan konektor BNC, maka cukup tambahkan BNC-RCA (BNC male – RCA female). Untuk jalur audio berkonektor RCA yang tentunya sudah umum tidak memerlukan tambahan konektor. Terakhir yaitu jalur adaptor/power sudah berkonektor DC, di kedua ujung kabel ini berbeda konektor. Untuk konektor DC female langsung dicolokkan ke adaptor dan DC male langsung dicolok ke kamera sehingga adaptor tidak perlu dekat dengan kamera.

Baca juga: Jangan Salah Pilih Kabel CCTV – Professtama

Selain karena praktis, kabel ini juga cukup bagus dipakai asal digunakan pada jarak yang tidak jauh (max 40meter) diatas itu akan dikhawatirkan menimbulkan noise pada gambar. Satu hal yang harud diperhatikan jika ingin menggunakan kabel ini yaitu harus menentukan kabelnya terlebih dahulu. Mengapa seperti itu? Karena kabel ini sudah tersedia dalam beberapa ukuran yang sudah dikemas dari pabrikan. Ukuran yang tersedia 10, 15, 20, 25, 30, 35 dan 40 meter.

2. Kabel Coaxial

Kabel coaxial itu hanya terdiri dari 1 jalur saja, yaitu video. Jenis kabel ini cocok digunakan untuk jarak jauh. Tapi karena hanya 1 jalur saja maka memerlukan audio dan harus melakukan 2 kali penarikan kabel. Jika tidak ingin adaptor berada didekat kamera, maka harus melakukan penarikan kabel power. Terlebih lagi kabel n belum berkonektor sehingga harus memasang konektor sebelum digunakan. Kabel ini tersedia dengan panjang ukuran 100 dan 300 meter/roll.

3. Kabel Coaxial + Power Cable

Kabel Coaxial + Power Cable terdiri dari jalur video dan adaptor. Power cable berada secara terpisah dan diluar kabel inti video, tetapi masih menempel dan menjadi satu sesatuan. Kabel ini baik digunakan untuk jarak jauh sekalipun. Namun karena hanya 1 jalur video saja, maka jika memerlukan audio harus melakukan 2 kali penarikan.

Baca juga: Professtama Kenalkan Solusi Teknologi Keamanan Mutakhir di Indonesia Infrastructure Week 2018

Dengan adanya power cable maka adaptor tidak perlu berada dekat kamera, cukup tambahkan DC atau lamgsung sambung dengan kabel adaptor bawaan kamera.Kabel ini belum berkonektor sehingga harus memasang konektor dulu sebelum digunakan. Saat ini tersedia panjang 300 meter/roll.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*