Mari Lebih Jauh Mengenal Camera Thermal – News Professtama

Kali ini Kita akan membahas tentang alat CAMERA THERMAL yang saat ini digunakan untuk pengukuran suhu tubuh pada masa pandemi Corona. Alat ini berfungsi untuk menangkap dan menghasilkan gambar suatu objek dengan menggunakan radiasi inframerah yang dipancarkan dari objek dalam proses yang disebut dengan Thermal Imaging Camera. Gambar yang dibuat mewakili suhu objek.

Baik radiasi infra merah dan cahaya tampak adalah bagian dari spektrum elektromagnetik, tetapi tidak seperti cahaya tampak dan radiasi inframerah tidak dapat dirasakan dengan mata manusia secara langsung. Yang menjelaskan mengapa kamera termal tidak terpengaruh oleh cahaya dan dapat memberikan gambar yang jelas dari suatu objek bahkan di lingkungan yang gelap.

Thermal imaging adalah tentang mengubah cahaya inframerah menjadi sinyal listrik dan membuat gambar menggunakan informasi itu. Teknologi ini revolusioner pada saat itu, tetapi sudah umum digunakan saat ini. Tetapi, bagaimana perangkat ini dapat menangkap informasi visual yang tidak terlihat ini? Mari kita bahas.

Bagaimanakah Cara Dari Camera Thermal ?

Standar yang umum untuk camera thermal adalah dengan menunjukkan objek yang lebih hangat, dengan rona kuning-oranye yang menjadi lebih cerah saat objek menjadi lebih panas. Objek yang lebih dingin ditampilkan dengan warna biru atau ungu. Energi inframerah memiliki panjang gelombang mulai dari sekitar 700 nanometer dan meluas hingga sekitar 1mm. Panjang gelombang yang lebih pendek dari ini mulai terlihat oleh mata telanjang.

CAMERA THERMAL menggunakan energi inframerah ini untuk membuat gambar termal. Lensa kamera memfokuskan energi inframerah ke satu set detektor yang kemudian menciptakan pola terperinci yang disebut termogram. Termogram kemudian dikonversi menjadi sinyal listrik untuk membuat gambar termal yang dapat kita lihat dan interpretasikan.

Baca juga : Jisung Protech Hadirkan Solusi Pemindai Suhu Tubuh Saat New Normal

Resolusi adalah faktor terpenting yang menunjukkan kualitas pada camera thermal Semakin tinggi resolusinya, pengukuran target kecil akan lebih tepat dan akurat. Sper Scientific ‘800201 memiliki resolusi 220 x 160 dengan resolusi gambar terlihat 35.200.

Ingat, tampilan thermal camera mungkin memiliki lebih banyak piksel daripada detektor kamera, tetapi gambar thermal Anda yang sebenarnya selalu dibatasi oleh resolusi detektor thermal. Anda harus menganggapnya sebagai peningkatan skala di TV 4K Anda. TV Anda mungkin memiliki resolusi 4K, tetapi jika sumbernya (katakanlah pemutar DVD) hanya 480P, Anda hanya melihat gambar yang ditingkatkan.

Lalu, Bagaimanakah Cara Memilih Camera Thermal ?

Terlepas dari biaya dan kualitas, dua faktor utama yang harus Anda ingat ketika membeli kamera thermal adalah Resolusi Detector dan Sensitivitas Termal. Resolusi Detector adalah jumlah piksel yang dapat diisi oleh imager termal dalam sebuah bingkai. Semakin banyak piksel, semakin detail gambarnya nantinya!

Resolusi standar adalah 160 x 120, 320 x 240 dan 640 x 480 piksel. Resolusi 160 x 120 akan memiliki 19.200 piksel sementara resolusi 640 x 480 akan memiliki 307.200 piksel. Memilih kerapatan piksel yang lebih tinggi akan memberi Anda gambar yang lebih jelas dan lebih detail. Sensitivitas termal adalah tingkat perubahan suhu terkecil yang dapat diukur oleh kamera thermal .

Professtama sebagai Perusahaan Industri Teknologi Sekuriti Sistem MENJUAL THERMAL CAMERA Jisung Protech dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Hubungi layanan pelanggan Professtama via telepon 021 564 1142 dan email info@professtama.com.

Kunjungi website kami untuk Industri Teknologi Sekuriti lainnya www.professtama.com

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply