Kamera Infra Red Dengan Kelebihan yang dimikinya

Mengenai Kelebihan Kamera CCTV Infrared

Mengenai Kelebihan Kamera CCTV Infrared

Kamera infrared adalah suatu radiasi dari elektromagnetik yang didalam satu unit kamera CCTV mempunyai tugas untuk mengadapasi gambar dalam suatu ruangan dalam keadaan gelap. Sejatinya gambar yang ditangkap tidak bisa dengan jelas ditampilkan karena telah diadaptasi dalam mode hitam-putih.

Untuk megenai sejarahnya, infra red adalah radiasi elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang lebih panjang dari cahaya yang tampak tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Infra red ini tidak sengaja ditemukan oleh Sir William Herschell seorang astronom kerajaan Inggris. Ia menemukan infra red pada saat mengadakan penelitian untuk mencari bahan penyaring optis yang biasanya digunakan untuk membantu mengurangi kecerahan gambar matahari pada teleskop.

Nah, didalam kamera CCTV baik itu kamera outdoor maupun kamera indoor pasti terdapat lampu LED infra red. Fungsi utama disini untuk membantu kamera agar focus dan jelas dalam menangkap gambar pada waktu malam hari (keadaan gelap).

http://hanwhatechwincctv.com/wp-content/uploads/2017/12/Mengenai-Kelebihan-dan-Kekurangan-Kamera-Infrared-CCTV-1.jpg
http://hanwhatechwincctv.com/wp-content/uploads/2017/12/Mengenai-Kelebihan-dan-Kekurangan-Kamera-Infrared-CCTV-2.jpg

Biasanya lampu infra red LED yang ada di kamera hamper kebanyakan tidak sama jumlahnya dari kamera yang satu dengan kamera yang lainnya. Nah kenapa bisa begitu? Sebenarnya sih jumlah itu tidak berpengaruh sedikitpun dalam instalasi, dilihat dari jumlah infra red LED itu biasanya tergantung vendor yang membuat kamera CCTV tersebut menggunakan jenis apa lampu infra rednya, bentuk apa dan berapa jumlahnya karena semua fungsinya sama saja.

Dari jumlah lampu infra red pada kamera CCTV yang berbeda-beda tidak mempunyai perbedaan yang signifikan. Untuk kualitas dari gambar mungkin ada sedikit pengaruhnya, berikut ini adalah perbedaannya:

  1. Kamera CCTV yang memiliki lampu infra red LED 4 mata mampu mengadaptasi ruangan yang gelap sehingga kamera tersebut masih bisa mengambil gambar dengan jelas. Yang lebih canggih lagi dapat merekan gambar dalam keadaan yang gelap pada jarak maks 15-10m.
  2. Untuk kamera CCTV dengan lampu infra red yang banyak ini hanya bisa merekam gambar dengan jelas pada jarak maks 7-5m

Baca juga :  Kamera True Day/Night, Digital Day/Night dan IR LED

Kamara infra red ini menghasilkan video warna yang beresolusi tinggi pada waktu siang. Keunggulannya yaitu kamera tersebut bisa memberikan gambar yang cukup jelas dalam kondisi gelap gulita.

Jika pada ruangan yang mempunyai pencahayaan yang kurang, kamera infra red ini mampu menerangi ruangan secara otomatis beralih ke mode hitam-putih.

Illuminator kamera infra red akan hidup pada saat gelap dan bisa memungkinkan Kamu untuk melihat sekitarnya lebih jelas lagi disbanding elihat langsung dengan mata.

  • Bisa digunakan di indoor maupun outdoor. Kamera Infra red ini member keuntungan yang besar dalam ruangan yang minim cahaya atau bahkan gelap.
  • Tahan terhadap cuaca dan mampu menahan suhu panas ataupun dingin tanpa adanya housing tambahan.
  • Untuk pemasnagan di dalam rauangan, kamera infra red menawarkan gambar ataupun video yang jelas dalam kondisi gelap ataupun terang.

Kamera  infra red biasanya itu dipasang di dalam ruangan yang malam harinya itu lampunya dimatikan. Fitur dari kamera CCTV infra merah mempunyai kemampuan beralih dari mode infra red ke mode non infra red dengan cepat. Walapun memang ada sedikit kekurangan. Berikut dijelaskan mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan CCTV infra red.

Kelebihan kamera CCTV infra red

  1. Pengiriman data dengan menggunakan infra red bisa dikirim kapan saja karena pengiriman ini tidak memerlukan sinyal.
  2. Pengiriman data dengan menggunakan infra red bisa dikatakan mudah karena tergolong alat yang sederhana.
  3. Pengiriman data dari handphone juga tidak menggunakan biaya.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply