Jangan Salah Pilih Kabel CCTV – Professtama

Jangan Salah Pilih Kabel CCTV
Jangan Salah Pilih Kabel CCTV

Kabel CCTV

Jangan sampai salah pilih kabel CCTV. Berikut adalah tips pilih kabel CCTV. Mungkin sedikit dijelaskan dulu untuk mengenai kabel CCTV. Nah kabel CCTV itu ada 3 macam. Mari kita bahas bersama-sama

Macam-macam Kabel CCTV

  1. Kabel CCTV 3 Jalur

Menggunakan kabel CCTV ini sangatlah praktis, mengapa demikian? Karena kabel ini terdiri dari jalur video, audio dan konektor juga sudah langsung terpasang. Jalur video itu sudah terkonektor RCA. Jika mungkin menggunakan konektor BNC maka cukup ditambahkan konektor (BNC male-RCA female). Untuk jalur audio yang berkonektor RCA tentunya mungkin sudah umum tidak memerlukan tambahan konektor lagi. Jalur adaptor sudah berkonektor DC, dibagian kedua ujung kabel ini berbeda konektor DC, untuk konektor DC female dicolokan langsung ke adaptor. Untuk konektor DC male dicolokan langsung ke kamera sehingga adaptor tidak perlu dekat dengan kamera.

Untuk kabel CCTV 3 jalur ini cukup bagus dipakai asalkan digunakan pada jarak yang tidak terlalu jauh. Disarankan tidak melebihi 40m. Satu hal yang perlu diperhatikan jika Kamu ingin menggunakan kabel CCTV 3 jalur. Yaitu harus menentukan panjang kabelnya terlebih dulu.

Mengapa seperti itu? Karena kabel 3 jalur ini sudah tersedia dalam beberapa ukuran. Tinggal membeli ukuran berapa meter yang dibutuhkan. Tersedia ukuran 10, 15, 20, 25, 30, 35 dan 40 meter.

Baca juga : Fungsi CCTV & Type Kamera Yang Belum Banyak Diketahui

  1. Kabel Coaxial

Kabel CCTV coaxial merupakan single line atau kabel yang menggunakan 1 jalur hanya untuk video saja. Kabel CCTV jenis ini bagus digunakan untuk jarak yang jauh. Tapi karena hanya 1 line video saja, maka jika memerlukan sebuah audio harus melakukan 2 kali penarikan kabel.

Jika memang tidak ingin adaptor ada didekat camera maka Kamu harus melakukan penarikan kabel power. Terlebih lagi kabel seperti ini belum terkonektor sehingga Kamu harus memasang konektornya terlebih dulu sebelum digunakan. Kabel coaxial tersedia dengan ukuran panjang 100 meter dan 300 meter per rollnya.

  1. Kabel Coaxial + Power Cable

Untuk kabel power cable itu berada terpisah dan diluar kabel inti video, namun kabel ini tetap menempel dan menjadi satu kesatuan. Kabel jenis ini cocok digunakan untuk jarak yang jauh sekalipun. Namun karena hanya 1 line video, jika memerlukan audio harus melakukan 2 kali penarikan kabel. Dengan catatan sangat disayangkan jika melakukan 2 kali penarikan kabel maka kabel power yang satunya tidak digunakan.

Dengan adanya poer cable, adaptor tidak perlu berada di dekat kamera CCTV. Cukup dengan menambahkan konektor DC atau langsung disambungkan dengan kabel adaptor bawaan kamera. Kabel ini belum berkonektor sehingga harus memasang konektor dulu. Dengan menggunakan kabel ini Kamu tidak perlu mengetahui  secara rinci panjang kabelnya. Saat ini tersedia ukuran panjang 300 meter per roll.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply