DVR CCTV – Pengertian dan Jenisnya | Professtama

DVR CCTV – Pengertian dan Jenisnya | Professtama
DVR CCTV – Pengertian dan Jenisnya | Professtama

DVR CCTV Pengertian dan Jenis

Pengertian DVR

Digital video recorder (DVR) – Apa itu Digital Video Recorder? Banyak orang yang menyebut secara singkat DVR. Nah, DVR adalah perangkat elektronik yang bisa merekam video menjadi format digital ke media berupa DVD, flash drive USB, kartu memori, SSD dan perangkat penyimpanan massal baik lokal atau jaringan lainnya. DVR CCTV dalam bidang keamanan adalah perangkat penyimpan rekaman video CCTV yang berkualitas tinggi secara terus menerus, tidak peduli berapapun panjang durasinya. Semuanya kembali tergantung pada ukuran hardisknya, sebuah DVR mampu merekam selama beberapa hari-beberapa bulan.

DVR sudah berubah menjadi perangkat yang kaya dengan  fitur dan memberikan layanan yang melebihi fitur perekam biasa. Sistem dari DVR CCTV mempunyai banyak fungsi termasuk pencarian video berdasarkan event, tanggal, waktu dan kameranya. Dalam beberapa sistem keamanan DVR CCTV  juga bisa diakses dari jarak jauh dengan menghubungkan ke jaringan LAN atau jaringan internet. Beberapa DVR CCTV profesional terbaru memiliki firmware yang mampu menganalisis sebuah video, untuk mengaktifkan fungsi seperti itu ‘virtual tripwire’ atau bahkan mendeteksi suatu objek yang ditinggalkan di lokasi pemantauan.

DVR CCTV yang sudah mempunyai fitur multiplexing akan memudahkan monitoring dan perekaman dengan split screen secara simultan. DVR CCTV yang dihubungkan dengan jaringan internet bisa dapat di lihat dari jarak jauh dan bisa juga melalukan back up. Sebuah fitur pencari pada remote kontrol yang tersedia dapat mempermudah penggunaan. Untuk menyimpan dan memback up data biasanya tersedia port USB untuk CD/DVD Rewriters. DVR CCTV juga mampu menyimpan rekaman video dalam format yang kompresi kualitas tertinggi seperti H.264 sehingga memungkinkan penyimpanan dalam ruang hardisk yang minim.

Jenis-Jenis DVR

Ada 3 jenis DVR yang harus diketahui:

  • DVR 4 Channel (1-4 Kamera CCTV)

DVR 4 Channel dengan 1-4 kamera adalah jenis DVR yang mempunyai 4 saluran video. Macam DVR seperti  ini cocok untuk dipasang di rumah, di toko, di gudang, atau kantor yang berscala kecil. Jika anda yang memiliki budget terbatas tersedia berbagai DVR CCTV murah namun mempunyai fitur yang cukup seperti remote kontrol untuk kemudahan penggunaan, port USB utk back up data, dan format H.264 untuk menghemat kapasitas media penyimpanan rekaman CCTV.

  • DVR 8 Channel Kamera CCTV

Jenis DVR ini mempunyai 8 saluran video. Cocok untuk dipasang diperumahan, bisnis ritel dan komersial skala menengah. Fitur yang ada hampir sama dengan DVR CCTV 4 channel seperti remote kontrol untuk penggunaan bisa jarak jauh, CD/DVD Rewriters dan port USB untuk back up data, dan format kompresi tinggi terbaru yaitu H.264.

  • Digital Video Recorder DVR 16 Channel

Saat ini, jenis DVR terbaik adalah DVR 16 channel yang bisa menghubungkan hingga 16 kamera CCTV analog. DVR CCTV 16 channel sangat cocok untuk rumah-rumah yang berukuran luas, pergudangan, perkantoran, pabrik, mall dan berbagai fasilitas publik lainnya yang memburuhkan pengintaian khusus.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply