6 Alasan Kengapa Kamu Harus Menggunakan Akses Kontrol

6 Alasan Kengapa Kamu Harus Menggunakan Akses Kontrol
6 Alasan Kengapa Kamu Harus Menggunakan Akses Kontrol

6 Alasan Kengapa Kamu Harus Menggunakan access control

Access control saat ini sudah digunakan di banyak tempat. Mulai dari tempat kerja hingga tempat rekreasi. Bahkan di tempat-tempat yang merupakan fasilitas umum seperti stasiun kereta dan lain-lain, akses kontrol seperti swing barrier sangat membantu dalam proses keluar-masuk penumpang dan barang.

Ada banyak jenis Access control . Mulai dari tripod turnstile hingga swing barrier. Mulai dari palang parkir hingga metal detector. Semuanya dibuat untuk memudahkan proses kontrol dan sistem keamanan.Mengapa akses kontrol seperti itu penting?

Berikut ini ada 6 manfaat dari akses kontrol:

Minimalisir risiko masalah

Fungsi yang paling utama dari akses kontrol adalah meminimalisir kesalahan dan risiko masalah. Sudah banyak fakta yang menunjukkan bahwa orang asing atau orang yang tidak berkepentingan tidak bisa masuk ke dalam ruangan atau sebuah gedung karena tidak bisa melewati akses kontrol yang dipasang diluar ruangan itu.

Pemeriksaan maksimal

Dengan akses kontrol seperti swing barrier, proses pemeriksaan tamu atau pengunjung atau karyawan menjadi lebih maksimal. Itu berarti bahwa tamu atau pengunjung yang tidak memiliki kartu akses, tiket, karcis masuk, atau hak akses secara otomatis tidak bisa masuk. Dengan demikian, hal-hal negatif yang mungkin bakal terjadi bisa dihindari.

Baca juga: Akses Kontrol – Definisi, Penjelasan dan Faktor yang harus diketahui

Rekam jumlah pengunjung/tamu

Salah satu manfaat penggunaan akses kontrol di tempat-tempat rekreasi adalah untuk mengetahui jumlah tamu atau pengunjung. Akses kontrol ini akan merekam berapa jumlah orang yang masuk dan keluar pada setiap hari.

Meminimalisir kecurangan

Manfaat lain dari penggunaan akses kontrol di tempat-tempat rekreasi atau di fasilitas publik lainnya adalah menghindari terjadinya kecurangan atau permainan oknum petugas dan pengunjung atau tamu. Itu berarti bahwa hanya orang yang memiliki kartu akses yang bisa melewati akses kontrol seperti swing barrier. Dengan demikian, pendapatan area hiburan itu menjadi lebih terkontrol. Bahkan bisa semakin meningkat.

Efisiensi

Jika sebelumnya diperlukan lebih dari 2 orang petugas keamanan yang berjaga di pintu masuk, maka setelah digunakan akses kontrol seperti swing barrier, jumlah petugas bisa dikurangi. Petugas yang sebelumnya berjaga di pintu masuk bisa dipindahkan ke pos pekerjaan yang lagin. Bahkan di beberapa tempat lain seperti di halte bus Transjakarta, pintu keluar-masuk tidak dijaga petugas kecuali jika terjadi kendala yang serius. Hal ini menunjukkan bahwa swing barrier bisa meningkatkan efisiensi.

Memupuk disiplin

Efek positif dari penggunaan akses kontrol adalah orang semakin sadar akan pentingnya disiplin diri: melakukan semuanya sesuai dengan jalur atau prosedur yang resmi dan berlaku. Orang juga didorong untuk menghargai budaya “mengantri” dengan tertib ketika memasuki sebuah tempat atau kawasan.

Baca juga: Pentingnya Firewall untuk Blokir dari Serangan Ransomware – Professtama

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply