Smart Parking? Berikut Penjelasannya – Professtama

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai Smart Parking. Apa Smart Parking itu? Smart Parking adalah bagian dari internet yang mana menggunakan sensor yang berkomunikasi dengan menggunakan remote melalui internet dan berbagi informasi dengan menggunakan protocol komunikasi yang sudah ditetapkan. Smart Parking merupakan sistem parkir otomatis yang hanya  berfokus pada monitoring dan keamanan akses parkir.

Ada juga Sistem yang bernama Smart Building. Untuk smart bulding mungkin anda sudah lebih sering mendengarkannya. Smart building atau yang biasa disebut dengan Intelligent Building System adalah konsep bangunan pintar dimana konsep ini menggunakan sistem otomatis yang dinamakan Building Automation System. Sistem otomatisasi pada Smart Building mengacu kepada penggunaan teknogi informasi dan computer untuk mengendalikan peralatan yang berada didalam bangunan tersebut.

Nah smart parking ini tidak jauh beda dengan sistem Smart Building ini yang mempunyai konsep fasilitas gedung yang bisa dikontrol secara otomatis dan terpusat dengan menggunakan perangkat computer dan sistem tegnologi informasi untuk dapat mengandalikan peralatan yang berada pada sebuah bangunan. Maka Teknologi Smart Parking juga pada dasarnya menggunakan metode yang sama dalam pengoperasiannya , hanya mungkin agak sedikit berbeda dalam beberapa perangkat yang digunakan dan fungsi yang akan dicapai.

Smart Parking ini memiliki 3 buah kategori yaitu: Smart Parking memiliki Sistem Hak Akses Parkir, Smart Parking memiliki Sistem Manajemen Lot Parkir dan Smart Parkir memiliki Sistem Manajemen Pembayaran Parkir.

Sedangkan di Indonesia sendiri mungkin masih jarang yang membahas mengenai Teknologi Smart Parking ini, Tapi Professtama dimana perusahaan ini menyediakan segala sesuatu kebutuhan anda dalam menyediakan peralatan parkir dan security system. Diantarnya Software parkir, hardware , integrasi sitem, CCTV dan lainnya.

Smart Parking ini tentu lebih efisien dibandingkan dengan tempat parkir yang biasanya . Sitem parkir menggunakan teknoligi RFID dimana kartu keanggotaan digunakan sebagai akses masuk dan akses keluar . Tentu saja ini akan memicu tidak digunakannya lagi kertas sebagai karcis parkir.
 

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*