Prediksi Akhir Wabah Virus Corona Mundur, di Indonesia Menjadi 23 September

Saat ini data dari Singapore University of Technology and Design (SUTD) mengungkap prediksi akhir dari wabah virus corona di sejumlah negara. Di Negara Indonesia sebelumnya diprediksi selesai pada tanggal 6 Juni  menurut data SUTD yang dimuat pada Sabtu (25/4/2020).

Namun, kini terdapat perubahan prediksi yang diperbaharui oleh SUTD pada Minggu (3/5/2020). Wabah Corona di Indonesia yang sebelumnya diprediksi selesai di bulan Juni kini bergeser menjadi 23 September 2020.

Dibandingkan dengan negara lain, data SUTD menunjukkan jika Singapura akan lebih dulu mengakhiri wabah Corona yaitu pada 12 Juni 2020. Sedang Malaysia menyusul mengakhiri wabah Corona di 16 Juli 2020.

Baca juga: WHO Tidak Menyarankan Semprot Disinfektan ke Tubuh Manusia

Data yang dimuat dalam laman web SUTD ‘When Will COVID-19 End’ ini menggunakan technology artificial intelligence (AI) yang berbasis pada model matematika tipe susceptible-infected-recovered (SIR). Model matematika tipe susceptible-infected-recovered ini diregresikan dari data berbagai negara agar bisa memperkirakan kurva siklus hidup pandemi dan memperkirakan kapan pandemi tersebut akan berakhir di masing-masing negara dan dunia. Dengan menggunakan kode dari Milan Batista dan data terbaru yang dihimpun dari Our.

“Situs ini menyajikan proyek penelitian independen, tidak didanai oleh lembaga apa pun, dan tidak terikat pada perusahaan, pemerintah, atau partai politik mana pun. Kami menerima jika memang ada masukan yang sangat besar, feedback, saran, dan dukungan dari orang-orang dan komunitas di dunia yang memungkinkan untuk perbaikan berkelanjutan dari penelitian ini,” yang ditulis situs SUTD.

Selain itu disebutkan, data prediksi tersebut hanya ditujukan untuk penelitian dan pendidikan, sehingga sangat mungkin jika terdapat kesalahan. Maka dari itu para pembaca dihimbau untuk berhati-hati saat melihat prediksi tersebut.

Prediksi pada dasarnya tidak pasti. Oleh sebab itu pembaca harus mengambil prediksi apa pun dengan hati-hati. Optimis yang berlebihan mengenai perkiraan tanggal akhir adalah berbahaya karena dapat melonggarkan disiplin dan kontrol kita dan menyebabkan perputaran virus dan infeksi, dan harus dihindari, lanjut keterangan dalam situs SUTD.

Baca juga: Deteksi Dini Virus Corona, Kamera Thermal Solusinya – Jisung Protech

Jisung Protech dengan protech face terminal + temperature measurement A20 adalah technology perangkat pengenal wajah 2-in-1 cerdas dan pengukuran suhu tubuh untuk beberapa skenario. Kelebihan lain dari A20 ini yaitu pengukuran suhu non-kontak tubuh, AI deteksi juga tidak menggunakan masker dengan kualitas tinggi jarak hingga 0,5 meter.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa hubungi Kami via telepon 021 564 1142 dan email info@professtama.com. Kunjungi Website www.professtama.com atau www.jisungprotech.com

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply