Perubahan Pasar Akses Kontrol Di Tahun 2020

Meskipun tidak sebesar pasar video surveillance, pasar akses kontrol mengalami pertumbuhan begitu cepat. Menurut perusahaan riset yang berbasis di Swedia, Memoori, pasar ini tumbuh menjadi US$ 8 miliar pada 2019 dan akan bernilai US$ 12 miliar pada 2024, dengan pertumbuhan CAGR 8,48 persen. 

Pertumbuhan tersebut dipengaruhi dengan semakin banyaknya pelanggan yang menyadari pentingnya sistem akses kontrol disamping video surevillance. Semakin banyak pelanggan yang mempertimbangkan solusi akses kontrol sebagai bagian integral dari keamanan, sementara banyak dari mereka yang sudah memiliki beberapa solusi terinstal mulai mempertimbangkan untuk meningkatkan sistemnya. Beberapa tren telah muncul di sektor ini pada tahun 2019, beberapa di antaranya adalah faktor yang secara langsung berkontribusi terhadap pertumbuhan pasar akses kontrol.

Minat untuk upgrade

Salah satu alasan utama untuk pertumbuhan pasar akses kontrol yang lambat dipengaruhi seberapa suksesnya produk itu sendiri. Solusi seperti sistem akses kontrol berbasis kartu telah efektif untuk sebagian besar pasar dan pelanggan belum melihat kebutuhan untuk berinvestasi guna meningkatkan sistem mereka. Tetapi sistem integrator telah melihat perubahan dalam sikap ini pada 2019, ketika teknologi canggih menjadi lebih populer dan keamanan siber mulai mengkhawatirkan pengelola.

Teknologi baru yang mendorong pertumbuhan

Kemajuan teknologi dipandang sebagai salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan pasar akses kontrol. Menurut laporan dari Memoori, Access Control as a Service (ACaaS), solusi berbasis IP, teknologi biometrik dan sistem manajemen identitas telah menjadi pendorong perkembangan utama di sektor ini. Lalu juga ada minat agar sistem terintegrasi, terutama untuk membangun otomatisasi dan solusi keamanan fisik lainnya.

Memoori menyebutkan, baru-baru ini ada peningkatan permintaan untuk sistem Akses Kontrol pada sistem Building Occupancy Management. “Belakanganini, teknologi yang dengan cepat melengkapi Akses Kontrol adalah memberikan informasi berharga tentang lokasi staf atau pengunjung dan jika terjadi keadaan darurat dapat mengosongkan gedung dengan cepat.”

Baca juga: Amankan Rumah dengan Akses Kontrol – Professtama

Lebih lanjut dikatakan, ACaaS akan menjadi teknologi yang signifikan di masa depan karena akses kontrol tidak memerlukan terlalu banyak bandwidth.”Akses Kontrol, tidak seperti Video Surveillance, tidak mengkonsumsi banyak broadband dan tidak ada masalah teknis yang menghalangi ACaaS selain preferensi pengguna akhir untuk memiliki dan menempatkan sistem mereka secara on-premise,” kata Memoori. “Banyak yang akan mengganti sistem lama sedang memeriksa keuangannya apakah menemukan CAPEX untuk berinvestasi dengan yang baru atau membayar biaya bulanan untuk ACaaS. Yang terakhir adalah pilihan yang semakin menarik. “

Pendatang baru untuk mengubah pasar

Pasar video surveillance telah memperlihatkan persaingan ketat dalam beberapa tahun terakhir, antara penyedia solusi tradisional dan perusahaan Cina yang lebih baru. Pasar akses kontrol sejauh ini belum melihat persaingan seperti itu, tetapi Memoori menyarankan bahwa ini bisa berubah karena dua penyedia solusi keamanan terbesar Cina sekarang ini mulai aktif mengembangkan solusinya untuk pasar Barat.

Standar terbuka

Pasar juga melihat minat baru dalam sistem terbuka. Karena integrasi menjadi faktor penting, dan semakin banyak perangkat yang perlu diintegrasikan dengan akses kontrol memasuki pasar, mengadopsi standar terbuka akan menjadi penting untuk pertumbuhan.

“Jika pabrikan lebih memilih untuk tetap proprietary, ini akan menghambatan pertumbuhan yang berkelanjutan, karena sistem proprietary tradisional akan membatasi pilihan pelanggan dan kemungkinan akan membatasi untuk integrasi dan skalabilitas,” tambah Memori.

Ketika teknologi berkembang dan pasar berkembang, peran akses kontrol dalam manajemen identitas akan menjadi penting. Dengan perkembangan teknologi seperti Internet of Things (IoT), akses kontrol akan berhenti menjadi sistem yang saling tergantung. Dengan standar terbuka dan opsi integrasi fleksibel, vendor akan dapat tetap kompetitif dalam skenario seperti itu.

Baca juga: Vauban System

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*