Pengguna Tokopedia Kebocoran Data, Apakah Akun Anda Terdampak?

Data milik 15 juta pengguna akun Tokopedia diduga bocor di dunia maya. Bahkan, ada kabar terbaru menyebut data 91 juta pengguna dan lebih dari 7 juta merchant Tokopedia dijual di situs gelap (dark web). Data tersebut dijual dengan harga 5.000 dollar AS (sekitar 74 juta). Kejadian ini tentu akan merugikan pengguna yang terdampak dari kasus ini. E-mail korban berpotensi disalahgunakan untuk tindak kejahatan, misalnya untuk penipuan atau pemerasan. Pihak Tokopedia mengakui adanya upaya pencurian terhadap data pengguna di platform e-commerce miliknya itu.

Baca juga: Perhatian cyber security maritim untuk kepatuhan, asuransi dan keselamatan – Red Piranha UTM

Meskipun demikian, Tokopedia mengklaim bahwa informasi kata kunci (password) milik pengguna akan tetap aman dan terlindungi dengan sekuriti berlapis. Termasuk lewat mekanisme kode OTP (one-time password) yang hanya bisa diakses oleh pemilik akun secara real time. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mengecek apakah e-mail yang dimiliki ikut terdampak atau tidak. Pengecekan bisa dilakukan di situs website Have I Been Pwned. Situs ini bisa mengidentifikasi apakah alamat e-mail yang Anda gunakan untuk akun layanan online pernah terekspos oleh insiden kebocoran data atau tidak.

Berdasarkan pantauan, situs Have I Been Pwned sudah menyertakan informasi kasus kebocoran data Tokopedia, dengan jumlah alamat e-mail yang terdampak mencapai 12 juta. Pengguna e-commerce itu juga bisa melihat apakah e-mail akun miliknya ikut bocor atau tidak. Ketika dicoba, ternyata ada beberapa orang yang terdampak kasus bocornya data pengguna Tokopedia. Cara untuk melakukan pengecekan caranya mudah. Setelah situs terbuka, masukan saja alamat e-mail yang digunakan untuk mendaftar akun online. Setelah itu klik tombol “pwned” di sisi kanan.

Situs tersebut lalu akan menelusuri database dan akan menginformasikan apabila alamat e-mail tersebut pernah masuk dalam kasus kebocoran data atau tidak. Laman dari web Have I Been Pwned juga akan memberikan informasi akun di platform mana saja yang terdampak. Apabila terdampak, sebaiknya Anda langsung mengganti password dan aktifkan sistem verifikasi dua langkah untuk meningkatkan perlindungan akun. Ganti semua password layanan online lain yang menggunakan kata kunci yang sama.

Baca juga: Tips Work From Home Selama Corona dari Red Piranha UTM – Professtama

Professtama memberikan solusi untuk menggunakan Crystal Eye UTM dari Red Piranha yang dirancang untuk perusahaan yang membutuhkan keamanan ekstrem yang mudah digunakan dan terjangkau. Crystal Eye adalah firewall generasi baru multi-lapis yang meningkatkan kesadaran akan keamanan, mengurangi paparan risiko dari kejahatan dunia maya dan perangkat lunak berbahaya dan ancaman orang dalam.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*