Mesin Pengenal Wajah – Smart Face Identification Terminal

Mesin Pengenal Wajah – Smart Face Identification Terminal

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah menghasilkan banyak mesin yang membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Di antara peralatan canggih ada satu teknologi yang populer adalah sistem absensi biometrik dengan mesinpengenal wajah. Sistem pengenalan biometrik pengenal wajah yang canggih ini mengenali karakteristik setiap wajah karyawan dan mencatatnya dalam database. Kita hanya perlu menghadap kamera dan sistem otomatis akan memverifikasi identitas dan secara menandai kehadiran kita.

Baca juga: Face Recognition Membongkar Identitas Pelaku Kejahatan

Mesin pengenal wajah adalah aplikasi komputer yang bisa mengidentifikasi/memverifikasi seseorang dari gambar digital ataupun video. Caranya adalah dengan membandingkan fitur wajah yang dengan data yang sudah masuk di database. Face Recognition ini biasanya digunakan dalam sistem keamanan dan dapat digunakan dengan pengenal biometrik lainnya seperti sistem pengenalan sidik jari atau pengenal iris mata.

Algoritma mesin pengenal wajah umumnya dilakukan dengan menganalisa posisi, ukuran, bentuk mata, hidung, tulang pipi, dan rahang. Fitur ini digunakan untuk mencari gambar dalam database dengan menggunakan fitur yang sesuai. Teknik lainnya yaitu dengan menggunakan sensor 3D untuk menangkap informasi tentang bentuk wajah. Informasi ini kemudian digunakan untuk mengidentifikasi ciri khas pada permukaan wajah, seperti kontur mata, hidung, dan dagu. Salah satu keunggulan dari pengenalan wajah 3D adalah tidak terpengaruh oleh perubahan pencahayaan seperti teknik lainnya. Ia juga dapat mengidentifikasi wajah dari berbagai sudut pandang.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply