Mengetahui Nama-Nama CCTV Kamera Saat Ini

mengetahui-nama-nama-cctv-kamera-saat-ini-cover
mengetahui-nama-nama-cctv-kamera-saat-ini-cover

Nama-Nama CCTV Kamera Saat Ini

Nama CCTV Kamera – Semua orang pasti sudah mengetahui apa itu CCTV. Tapi mungkin jarang orang yang mengetahui apa nama CCTV kameranya. Jangan sampai salah dalam membeli kamera CCTV, Anda bisa mencari Kamera CCTV berkualitas di professtama.com

Selain harus mengetahui nama CCTV kamera nya, Anda juga harus tau type berapa yang nanti akan dibeli. Tentukanlah kamera CCTV yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berdasarkan sistemnya, security camera dibagi menjadi 2 jenis. Yaitu kamera CCTV analog dan IP kamera, itulah nama CCTV kamera nya. Apa sih perbedaan dari CCTV analog dan IP kamera? Dari bentuk fisik dan gunanya sendiri dikenal beberapa jenis nama CCTV kamera. Ada Dome camera, Box Camera, Bullet Camera, Camera PTZ dan lainnya. Nah setiap nama CCTV kamera ini mempunyai spesifikasi dan fitu yang berbeda-beda.

Nama-Nama CCTV Kamera 

  • Camera PTZ

    mengetahui-nama-nama-cctv-kamera-saat-ini-ptz
    Camera PTZ singkatan dari PAN TILT & ZOOM, PAN memiliki kemampuan untuk dapat bergerak ke kiri dan ke kanan, sedangkan TILT memiliki kemampuan dapat bergerak ke atas dan kebawah, dan ZOOM memiliki kemampuan kamera untuk memperbesar gambar hingga beberapa kali lipat. Jenis Camera PTZ biasanya dipakai untuk memantau/mengawasi wilayah yang luas dengan menggunakan 1 kamera CCTV saja. Ini sangat memudahkan pengawas CCTV dalam memonitoring, karena PTZ Camera dapat berputar secara otomatis atau secara manual digerakan melalui controller.

mengetahui-nama-nama-cctv-kamera-saat-ini-dome

Diberikan nama Dome ini karena bentuknya yang seperti bentuk kubah (dalam bahasa inggris ), tujuannya agar arah dari kamera CCTV ini tidak terlihat atau tersembunyi tapi bisa terlihat oleh kasat mata. Kamera yang biasa dijual biasanya tipe fix camera yang kameranya hanya mengarah ke 1 arah saja. Tapi jenis dome kamera juga ada yang dapat berputar dengan cepat yaitu “Speed Dome“, dan harganya pun relatif jauh lebih mahal dibandingkan dengan tipe dome fix camera.

mengetahui-nama-nama-cctv-kamera-saat-ini-bullet

Jenis CCTV Bullet Camera ini biasanya digunakan pada ruangan (indoor) dan diluar ruangan (outdoor) dengan salah satu standard yang harus dipenuhi adalah tahan terhadap air. Bullet kamera dipasang pada dinding ataupun langit-langit. Kamera CCTV Bullet tidak dirancang untuk memiliki pan / tilt / zoom control seperti PTZ karena merupakan kamera tipe fix dengan tujuannya menangkap gambar dari area yang tetap.

mengetahui-nama-nama-cctv-kamera-saat-ini-box

Mempunyai kemampuan untuk zoom dengan penempatan pemasangan pada bidang yang vertikal karena modelnya. Kekurangan dari kamera box ini yaitu membutuhkan pencahayaan yang terang untuk dapat menangkap gambar dengan jelas. Dapat menggunakan infrared(infra merah) dengan adanya alat tambahan dan penggunaan lensa infrared pada kamera ini yang akan lebih baik jika box camera dilengkapi dengan adanya housing kamera apabila masih dalam jangkauan tangan kita.

mengetahui-nama-nama-cctv-kamera-saat-ini-ip-kamera

Kamera jenis ip / network baik menggunakan kabel ataupun wireless kabel dapat dipasang dengan cara yang mudah, rata-rata IP camera ini mempunyai tingkat resolusi gambar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamera CCTV analog. Tapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam penggunaan IP kamera seperti di area lokasi yang akan dipasang IP camera tipe wireless harus tercover dengan jaringan wireless internet, dan untuk tipe IP camera dengan kabel jarak penarikan kabel ke switch hub atau router hanya 80 sampai 100meter dengan menggunakan kabel UTP.

Kekurangan kamera jenis IP camera:

  1. Karena mempunyai resolusi yang tinggi maka membutuhkan kapasitas hard drive yang lebih besar
  2. Harga yang relative lebih mahal dibandingkan dengan CCTV kamera analog
  3. Membutuhkan alat tambahan untuk memperkuat penerima sinyal (untuk lokasi yang jauh atau banyak hambatannya)
  4. Membutuhkan pengertian configurasi internet jika memasang IP camera dalam jumlah yang banyak.

mengetahui-nama-nama-cctv-kamera-saat-ini-board-camera

Bisa dilihat diatas, biasanya terhubung pada media komputer ataupun lainnya. Rata-rata mempunyai resolusi yang rendah, karena biasanya board camera ini digunakan untuk aplikasi teleconference standar.

 

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply