Kamera CCTV Analog – Bagaimana Kamera CCTV Bekerja? | Professtama

Kamera CCTV Analog - Professtama
Kamera CCTV Analog - Professtama

Kamera CCTV Analog – Ada berbagai macam Kamera CCTV. Secara umum Kamera CCTV yaitu kamera yang menghasilkan gambar dan rekaman untuk tingkat pengawasan di lingkungan yang membutuhkan pemantauan secara khusus. Kamera CCTV banyak sekali dipasang di Bank, Hotel, Bandara, Stasiun, Pabrik, Kantor,  Minimarket, Mall, bahkan rumah pribadi. Kamera CCTV bisa menghasilkan rekaman dan gambar untuk berbagai kebutuhan untuk mengawasi dan mengamankan lokasi yang ingin Anda pantau. Kamera CCTV  bisa berupa video atau kamera digital. Video bekerja dengan cara mengirimkan sinyal Analog ataupun digital ke media penyimpanannya. Misalnya video tape recorder/hardisk komputer.

Tipe Kamera CCTV ada 3 yaitu Analog, Digital dan Network. Yang akan Kita bahas saat ini yaitu Tipe Analog.

Kamera CCTV Analog

Untuk tipe Kamera CCTV analog bisa merekam langsung sinyal analog sebagai gambar ke video

recorder. Seandainya sinyal analog direkam, maka rekaman harus dijalankan dengan kecepatan yang sangat lambat untuk terus menerus beroprasi. Satu jam kaset rekaman yang berdurasi 3jam bisa berjalan 24 jam dan biasanya diatur dengan kecepatan kisaran 4 frame/detik

Sinyal dari analog bisa dikonveksi menjadi sinyal digital untuk memungkinkan rekaman bisa disimpan pada hardisk komputer. Jadi tipe Kamera CCTV analog harus dipasang lamgsung ke video cared di komputer yang ingin mengubah analog ke digital. Video Card mempunyai harga yang relatif murah tetapi sinyal yang dihasilkan umumnya berbentuk kompresi MPEG agar hasilnya bisa disimpan terus menerus. Cara lain untuk mentimpannya yaitu pada media non-analog dengan menggunakan perekam video digital DVR.

DVR ini khusus pengguna Kamera CCTV yang membutuhkan perawatan relatif mudah dengan pengaturan yang sederhana. Ada beberapa jenis DVR yang menungkinkan penyiaran digital dari sinyal video hingga berfungsi seperti kamera jaringan. Jika perangkat itu bisa menyiarkan video tapi tiak merekamnya maka disebut video server.

Walaupun mempunyai berbagai ukuran tetapi kualitas, rentang gerak dan bidang pandang, semua kamera CCTV  melakukan fungsi dasar yaitu memberi gambaran tentang yang terjadi dalam bidang pandang. Kamera CCTV akan menampilkan secara realtime untuk dilihat kemudian. Ada beberapa sistem kamera bahkan bisa diatur oleh pengguna untuk memantau & mengendalikan kameranya secara online.

Bagaimana Kamera CCTV Bekerja?

Selain hasil rekamannya bisa membantu untuk menangkap pelaku kejahatan, Kamera CCTV juga bisa membantu menghentikan calon penjahat yang akan melakukan kejahatan. Otomatis si pencuri akan merasa takut jika melihat CCTV karena beresiko tertangkap. Dengan pemikiran seperti itu, dengan adanya Kamera CCTV terlihat jelas di tempat properti adalah ide yang sangat baik.

Selain kamera yang ditampakkan, Anda juga mungkin membutuhkan beberapa kamera CCTV yang tersembunyi. Karena bisa saja pencuri yang berpengalaman pasti akan mencoba untuk menutup atau merusak CCTVnya. Untuk membantu menentukan kombinasi jenis kamera CCTV tebaik untuk memenuhi kebutuhan, Anda bsa menghubungi kami Professtama Tehnik Cemerlang. Kami akan membantu Anda dan memberikan solusi terbaik.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*