IP Camera – Pengertian, Kelebihan dan Standar IP Camera

IP Camera – Pengertian, Kelebihan dan Standar IP Camera
IP Camera – Pengertian, Kelebihan dan Standar IP Camera

Pengertian IP Camera

IP camera yaitu jenis CCTV yang bisa menerima dan mengirim hasil data melalui jaringan komputer dengan adanya internet. IP camera adalah jenis CCTV video digital yang biasanya digunakan untuk pemantauan keamanan dan bisa mengirim ataupun menerima data melalui jaringan dan internet. Walaupun webcam juga bisa melakukan hal seperti ini, namun istilah dari IP camera atau network kamera ini biasanya digunakan untuk sistem pengawasan. IP camera pertama kali digunakan pada tahun 1996.

IP Camera Kelebihan

  • Keuntungan dari IP camera yaitu kita tidak perlu memerlukan banyak biaya. Perangkat kamera yang berukuran kecil bisa terhubung secara nirkabel ke router Wi-Fi dan menawarkan perlindungan sebagai pencegah, dapat digunakan sebagai bukti jika terjadi seseuatu. Kamu cukup menginstal lalu menghubungkan dan akan langsung bekerja.
  • IP camera terbaru mampu menangkap gambar yang bergerak didepan mereka dan akan mengirimkan notifikasi ke email kamu. IP camera juga bisa diatur untuk menangkap video. Ketika si pencuri menyadari bahwa dia sudah terekam oleh kamera, hal itu sudah terlambat jika pencuri berusaha mematikannya. Karena gambar sudah dikirim by email sebagai notifikasi. Kamu juga bisa menggunakan stiker untuk sebagai pertanda adanya CCTV sebagai peringatan.
  • Kelebihan lainnya dari IP camera ini yaitu kamu bisa meremote login langsung ke kamera secara live melalui internet dengan aplikasi yang disediakan produsen. Kamu bisa meletakkan dipintu depan dibelakang rumah dan satu didalam rumah.

Baca juga:

Jadi Begini Cara Kerja CCTV Analog, IP Camera dan PTZ Camera

Mecam-macam IP Camera

  • IP camera terpusat

Jenis IP camera ini memerlukan pusat network video recorder atau yang sering kita sebut NVR untuk merekam  video dan manajemen alarm.

  • IP camera desentralisasi

Jenis IP camera ini tidak memerlukan pusat NVR karena kameranya sudah mempunyai fungsi perekam built-in yang dapat merekam langsung ke media penyimpanan.

Standar IP Camera

CCTV analog menggunakan format siaran televisi Common Intermediate Format (CIF), NTSC, PAL, dan SECAM. Setiap IP camera memiliki fitur dan fungsi, skema encoding video kompresi, protokol jaringan yang tersedia, dan API yang berbeda-beda.

 

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*