Ilmu Dasar IP Camera (Apa sih bedanya dengan CCTV?) – Professtama

Ilmu Dasar IP Camera (Apa sih bedanya dengan CCTV?) – Professtama

IP Camera Yang Harus Kita Pelajari

Banyak orang yang mungkin kurang tau tentang IP camera. Oleh karena itu, disini mari kita bahas bersama ilmu dasar dari IP camera.

Pembahasan pada artikel saat ini mencakup:

– Apa itu IP Camera?

– Perbedaan IP Camera  dengan  CCTV

– Dasar  Jaringan IP Camera

– Software Managament Video

Pada saat kita ingin memantau tempat yang berkendala dengan jarak, kitabisa memanfaatkan IP camera ini. Selain instalasinya yang mudah, IP camera ini juga sudah beredar dipasaran dengan harga yang terjangkau. Kegunaan dari IP camera yaitu untuk security dan monitoring. Agar bisa membuat jaringan IP camera, kamu butuh sedikit pengetahuan mengenai dasar dari jaringan komputer.

Apa itu IP Camera?

IP camera adalah kamera CCTV digital untuk  pemantauan  yang bisa mentrasfer data melalui jaringan komputer dan jaringan internet. Ada saja orang yang berbicara, lah kalau begitu sih webcam juga bisa. Ya betul webcam juga bisa, tetapi webcam itu tidak berdiri sendiri. Webcam masih memerlukan komputer dan webcam itu bukan untuk pemantauan.

Blok IP camera

ilmu-dasar-ip-camera

 

Bagian bagian dari IP Camera yang harus diketahui :

  1. Lensa yang gunanya untuk memfokuskan gambar
  2. Sensor gambar (CCD/CMOS) ini digunakan untuk merubah cahaya ke signal listrik
  3. Prosessor pengolah gambar dan compresi gambar disini supaya data tidak terlalu besar data perlu di compresi menjadi ukuran yang lebih kecil
  4. Microcomputer dan ethernet untuk mengontrol system dan menyambungkan ke jaringan komputer
  5. Input Output port yang gunanya untuk mengontrol lensa (fokus dan zoom), menggerakan arah kameranya dan menggerakan relay
  6. Input Audio/suara

 Jenis-jenis IP camera yang harus diketahui:

  1. Fix Ip camera
  2. Dome IP Camera
  3. PTZ  (Pan, Tilt dan Zoom) IP Camera

Dari segi media komunikasinya IP camera terbagi mejadi 2:

  1. Wire IP camera
  2. Wireless IP Camera

Perbedaan CCTV dengan IP Camera

Nah ini yang harus kita ketahui. CCTV adalah kamera analog dengan standar output sinyal analog  PAL/NTSC. CCTV bisa langsung dihubungkan juga ke Televisi. Biasanya untuk merekan ini menggunakan VCR (video cassete recorder).

CCTV —> Monitor Televisi dan VCR

Apakah CCTV  analog yang sudah dipasang bisa di integrasikan kejaringan komputer/digital? Ya tentu bisa, dengan menambahkan ke DVR (Digital Video Recorder) atau Video Encoder.

Kamera CCTV —> DVR <—> LAN  atau Kamera CCTV —> Video Encoder <—> LAN

Sedangkan output IP Camera ini sudah berbentuk data digital berformat M-JPEG/MPEG-4 yang bisa langsung dihubungkan ke jaringan komputer kita.

IP Camera <—> LAN

Dasar Dari Jaringan IP Camera

Pada dasarnya menghubungkan IP Camera  ke jaringan tidak berbeda jauh dengan alat-alat yang terhubung dengan jaringan komputer. Yaitu pertama harus mempunyai alamat IP. Cara memberi alamat IP  itu berbeda-beda untuk tiap merk camera. Caranya bisa dilihat dari buku manualnya masing-masing.

Contoh jaringan sederhana IP Camera :

Cara Mengakses IP Camera yang paling gampang itu dengan web browser semacem Mozilla atau IE atau Google Crome. Cukup mengetik alamat IP camera di web browser, maka nanti akan muncul  tampilan menu sederhana untuk mengaktifkan IP Cameranya.

Untuk penggunaan yang lebih luas, web browser tidak memadai lagi  maka diperlukan sebuah software khusus yaitu Software management Video.

Software ini digunakan untuk:

  • Mengelola IP Camera dengan jumlah yang banyak
  • Merekam data video dan audio
  • Mengelola akses user
  • Melihat secara bersamaan dari banyak  Camera
  • Mencari data rekaman
  • Video motion detector atau VMD

Mungkin itu saja yang bisa dipelajari saat ini, demikianlah sedikit penjelasan mengenai IP Camera. Jangan lupa mampir ke website Kami professtama.com

 

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply