Teknologi Deep Learning

Cara Kerja Teknologi Deep Learning Mempunyai Kelebihan Yang Luar Biasa
Cara Kerja Teknologi Deep Learning Mempunyai Kelebihan Yang Luar Biasa

Cara Kerja Teknologi Deep Learning Mempunyai Kelebihan Yang Luar Biasa

Kegunaan Deep Learning yaitu untuk pengenalan wajah (face recognition) dan klasifikasi gambar menjadikannya sebagai teknologi paling penting dalam industri keamanan saat ini.

Di kalangan industri teknologi informasi aspek Deep Learning yang merupakan bagian dari Artificial Intelligence (AI) kini mendapat perhatian yang khusus. Sebagai upaya untuk mewujudkan berbagai manfaat dan pengklasifikasian yang lebih baik terhadap beberapa aplikasi teknologi.

Terinspirasi dari cara kerja otak manusia, teknologi ini menggunakan proses pembelajaran berlapis (layered learning) untuk membantu komputer dalam mengklasifikasi, menyimpan dan mengakses data, yang dapat merujuk pada pembelajaran.

Hal ini berarti, teknologi Deep Learning dapat menggunakan seluruh gambar untuk mengenali, ketimbang mengandalkan aspek terpisah dari sebuah gambar. Proses ini bersifat kumulatif dimana kian banyak elemen yang digunakan, semakin baik klasifikasi yang bisa dihasilkan. Dengan begitu, aspek ‘learning‘ kian meningkat.

Kegunaan Deep Learning untuk pengenalan wajah (face recognition) dan klasifikasi gambar bahkan menjadikannya sebagai teknologi paling penting dalam industri keamanan. Teknologi tersebut menjangkau setiap aspek dalam industri keamanan. Mulai dari deteksi wajah dan kendaraan, hingga menganalisis perilaku (behaviour analysis). Dengan demikian, teknologi ini mulai mengubah fokus kegiatan keamanan dari yang sebelumnya bersifat reaktif, kini mampu memperkirakan berbagai permasalahan sebelum timbul.

Contoh penggunaan Deep Learning untuk pengenalan wajah

Salah satu perusahaan yang pengembangan teknologi berbasis Deep Learning adalah Jisung Protech. Kamera tersebut menghadirkan ‘mata’ yang canggih bagi sistem keamanan dan NVR menghasilkan kemampuan pengukuran (analytic) dan penyimpanan otak. Berbagai produk membantu aspek keamanan dalam dua segi – pengenalan (recognition), pemantauan dan penghitungan orang serta pengenalan dan deteksi kendaraan. Penggunaan teknologi Deep Learning sangat bagus terkait kemampuannya dalam mengklasifikasi dan mengenali ribuan ‘fitur’.

Penerapan teknologi ini jumlahnya memang banyak. Sebagai contoh yaitu teknologi yang mendukung sistem ini menghadirkan kegunaan black list/white list alarm yang bermanfaat dalam skenario penggunaan access control. Dari teknologi itu juga bisa digunakan untuk mengenali perilaku atau kejadian yang mencurigakan. Sehingga memungkinkan staff keamanan dalam mencegah permasalahan orang-orang yang berkeliaran di sekitar lokasi.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*