Akses Kontrol – Definisi, Penjelasan dan Faktor yang harus diketahui

Akses Kontrol – Definisi, Penjelasan dan Faktor yang harus diketahui
Akses Kontrol – Definisi, Penjelasan dan Faktor yang harus diketahui

Akses Kontrol – Definisi, Penjelasan dan Faktor yang harus diketahui

Akses Kontrol adalah cara membatasi akses ke sistem atau sumber daya fisik atau virtual. Dalam komputasi, Akses Kontrol adalah proses dimana pengguna diberi akses dan hak istimewa tertentu untuk sistem, sumber daya atau informasi.

Dalam sistem Akses Kontrol, pengguna harus menunjukkan kredensial sebelum mereka dapat diberikan akses. Dalam sistem fisik, kredensial ini dapat datang dalam berbagai bentuk, tetapi kredensial yang tidak dapat ditransfer memberikan keamanan paling besar.

Techopedia menjelaskan Akses Kontrol

Misalnya, kartu kunci dapat bertindak sebagai kontrol akses dan memberikan akses pembawa ke area rahasia. Karena kredensial ini dapat ditransfer atau bahkan dicuri, itu bukan cara yang aman untuk menangani Akses Kontrol.

Baca juga: Pertanyaan Apa Sih Access Control itu? bagaimana cara kerjanya?

Metode yang lebih aman untuk Akses Kontrol melibatkan otentikasi dua faktor. Orang yang menginginkan akses harus menunjukkan kredensial dan faktor kedua untuk menguatkan identitas. Faktor kedua dapat berupa kode akses, PIN atau bahkan pembacaan biometrik.

Ada tiga faktor yang dapat digunakan untuk otentikasi:

• Sesuatu yang hanya diketahui pengguna, seperti kata sandi atau PIN

• Sesuatu yang merupakan bagian dari pengguna, seperti sidik jari, pemindaian retina atau pengukuran biometrik lainnya

• Sesuatu yang menjadi milik pengguna, seperti kartu atau kunci

Untuk keamanan komputer, Akses Kontrol mencakup otorisasi, otentikasi, dan audit entitas yang mencoba mendapatkan akses. Model Akses Kontrol memiliki subjek dan objek.

Subjek – pengguna manusia – adalah orang yang mencoba mendapatkan akses ke objek – biasanya perangkat lunak. Dalam sistem komputer, daftar Akses Kontrol berisi daftar izin dan pengguna yang kepadanya izin ini berlaku. Data tersebut dapat dilihat oleh orang-orang tertentu dan bukan oleh orang lain dan dikendalikan oleh Akses Kontrol.

Ini memungkinkan administrator untuk mengamankan informasi dan menetapkan hak istimewa untuk informasi apa yang dapat diakses, siapa yang dapat mengaksesnya dan pada waktu apa ia dapat diakses.

Solusi kontrol akses Virdi menyediakan sistem kontrol canggih untuk keamanan dan kenyamanan tinggi. Pengguna bisa mengelola sumber daya manusia mereka secara efektif dengan memantau riwayat akses dan kondisi pengunjung. Kejadian yang tidak terduga dapat dicegah dengan remote control dalam keadaan darurat. Dokumen dan aset rahasia dapat dilindungi oleh solusi kontrol akses yang akurat.

Share This:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*